Popcon Asia Untuk Pertama Kali Bakal Diadakan di Surabaya

Selama dua hari dengan berbagai macam kegiatan

Oleh

Acara budaya pop terbesar di Indonesia, Popcon Asia untuk pertama kalinya akan diadakan di Surabaya. Popcon Asia 2016 tahun ini akan diselenggarakan di dua kota, Surabaya dan Jakarta. Mengusung tema "City of Superheroes", selama dua hari akan diselenggarakan konvensi dan pameran yang berkaitan dengan budaya pop seperti komik, mainan, film, dan animasi. Popcon Asia 2016 Surabaya akan berlangsung 4-5 Juni 2016. Acara bertempat di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Surabaya. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk.

Ada empat tipe acara yang digelar yaitu Main Stage, Lightning Session, Workshop dan Portfolio Review. Untuk Main Stage berbagai pembicara dihadirkan seperti Faza Meonk (CEO Pionicon, kreator Si Juki), Sweta Kartika (pendiri Ragasukma, komikus), Vidi Aldiano (penyanyi), dan nama-nama lainnya di dunia budaya pop lokal.

Sementara Lightning Session akan diisi oleh Andi Martin (CEO Kartoon), Dennis Adishwara (CEO Layaria dan Co-Founder Kartoon), Ivan Chen (Anantarupa Studios) dan banyak lagi. Workshop menghadirkan Thomas Hanandry, Anto Motulz, Sandy Lee dan beberapa ilustrator berkualitas. Salah satu acara reguler Popcon Asia yaitu Portfolio Review juga akan turut menyemarakkan, para komikus muda bisa menyerahkan karyanya untuk kemudian dibahas bersama Kreavi dan Kartoon.

Mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya juga diberikan kesempatan untuk mengikuti Intellectual Property Rights Competition dimana mereka bisa mengirimkan desain pahlawan versi mereka. Kompetisi lain yang bisa diikuti adalah desain sampul muka album Vidi Aldiano Persona dengan hadiah perjalanan ke Disneyland bersama Vidi Aldiano.

Popcon Asia 2016 Jakarta digelar pada 12-14 Agustus 2016 di Jakarta Convention Center. Melalui pengumuman di Facebook, tahun ini dikabarkan bakal ada perombakan besar. Tema yang diusung adalah Pop-Revolution. Sampai sekarang belum ada pengumuman lebih lanjut mengenai konten acara. Satu kegiatan yang pasti digelar adalah ajang tahunan Kosasih Award.

Popcon adalah konvensi budaya pop terbesar di Asia yang diselenggarakan untuk merayakan dan mengapresiasi para profesional, artis, dan kreator di industri kreatif yang berfokus pada komik, mainan, film, dan animasi. Popcon Asia juga bertujuan untuk memberikan dukungan pada ekosistem industri kreatif, sekaligus menjadi ajang kolaborasi dan jejaring bagi para kreator, sponsor, pemerintah, media dan para pemegang saham untuk kemajuan industri kreatif di Asia. Popcon Asia pertama kali dilaksanakan tahun 2013 dan telah menyedot puluhan ribu pecinta budaya pop setiap tahunnya.

Editor's Pick

Add a Comment