Gesits, Motor Tenaga Listrik Karya Anak Bangsa

Masih dalam bentuk purwarupa, diluncurkan di ITS Surabaya

Oleh
Peluncuran Gesits dihadiri Menristek Dikti, Mohammad Nasir, Rektor ITS, Joni Hermana, dan Ketua Tim Riset Gesits, M. Nur Yuniarto. Garansindo Technologies

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dengan PT Garansindo Inter Global meluncurkan Gesits, sepeda motor otomatis bertenaga listrik karya anak bangsa pada Selasa (3/5) ini di Gedung Riset Mobil Listrik, Surabaya, demikian menurut rilis pers yang diterima Rolling Stone.

Walaupun baru diluncurkan dalam bentuk purwarupa, Gesits sudah mencapai tahap hampir sempurna dan digadang dapat disetarakan dengan sepeda motor 125cc berbahan bakar konvensional.

Gesits yang bertenaga listrik dari baterai lithium ion dengan daya motor 5KW, dapat menempuh jarak sejauh 80 hingga 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Dengan kecepatan maksimal mencapai 100km/jam, Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali.

Nama Gesits yang diambil dari akronim dari Garasindo Electric Scooter ITS, menjelaskan hasil kolaborasi antara periset dari dunia pendidikan dengan pebisnis otomotif. Peluncuran Gesits dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, Rektor ITS, Joni Hermana, dan Ketua Tim Riset Gesits, M. Nur Yuniarto.

"Dalam Kunjungan Menristekdikti ke ITS kali ini, ada beberapa agenda, salah satunya adalah menyaksikan penyerahan produk motor listrik karya ITS kepada pihak industri (Garansindo) untuk dapat diproduksi secara masal", ujar Rektor ITS, Joni Hermana dalam siaran pers yang diterima.

Gesits yang dikembangkan oleh ITS, diserahkan ke pihak Garansindo untuk dapat diproduksi secara massal. "ITS sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidak pada posisi untuk memproduksi secara masal, melainkan hanya pada pengembangan teknologi dan desain, sehingga pada proses hilirisasi, ITS menggandeng pihak Garansindo," jelas M. Nur Yurianto, Ketua Tim Riset Gesits.

Hampir seluruh komponen utama Gesits telah berhasil diciptakan oleh anak bangsa. Oleh karena itu, Gesits diyakini dapat menjadi sebuah kendaraan handal dan dapat diterima dengan baik di pasar Indonesia maupun bersaing di kancah internasional. Namun, masih diperlukan beberapa penyempurnaan dan pengujian dalam waktu dekat yang harus dilalui, dan Garansindo yang akan segera mempersiapkan basis manufaktur.

"Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa negara sehingga kesempatan Gesits untuk masuk dalam persaingan global cukup besar. Disinilah potensi yang dilihat oleh Garansindo dan mendorong kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia mempunyai kebangaan dengan memiliki kendaraan hasil karya Indonesia.," ujar CEO Garansindo, M. Al Abdullah melalui siaran persnya.

Garansindo akan segera merealisasikan Gesits agar dapat segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada 2018.

Gesits. (Garansindo)

Editor's Pick

Add a Comment