KimoKal, Duo Pop Eklektik Pendatang Baru Ibu Kota

Album debut mereka, 'O', baru saja dirilis pada bulan lalu

Oleh
KimoKal. Narendra Kameshwara

Di tengah minimnya jumlah unit pengusung aliran elektronik di kancah musik tanah air, duo KimoKal telah merilis album debutnya, O, pada pertengahan Januari lalu. Ditemui Rolling Stone setelah menjadi penampil dalam acara Witching Hours 9 di Vanilla Kitchen & Wine, Bandung beberapa waktu lalu, KimoKal menuturkan bahwa respons yang didapat dari para penikmat musik terhadap album perdana mereka tidak mengecewakan.

"Karena target awalnya memang lebih ke semua orang bisa suka tapi di beda-beda track, jadi bisa dibilang ya sekarang ini sudah sesuai seperti apa yang kita pengen. Soalnya lagu-lagu di album ini kan juga beda-beda [dari segi musikalitas], nggak ada samanya. Cuma ada satu benang merah tipis yang bikin orang langsung ingat, oh ini musiknya KimoKal," ujar salah satu personel, Kimo Rizky.

Untuk proses kreatif albumnya sendiri, Kimo dan sang vokalis, Kallula Harsynta Esterlita, mengaku tidak mengalami kendala yang signifikan dalam menyatukan ide. Dalam album O yang butuh waktu penggarapan selama satu tahun lamanya itu, terdapat sejumlah unsur musik seperti psychedelic pop, trip-hop, dub, dan juga nu-wave. Beragam aliran yang terdapat dalam album itu mereka katakan sebagai hasil dari mendengarkan banyak karya musik yang masing-masing personel lakukan selama proses pengerjaan. Di samping itu, keduanya pun mengatakan sangat terbuka dengan berbagai macam eksperimen dalam bermusik sehingga mampu menghadirkan karya yang unik nan berkarakter.

"Ketika bikin album ini, terus terang gue lagi suka banget dengerin album baru Justin Bieber [Purpose] dan juga album Kendrick Lamar [To Pimp A Butterfly]. Itu kami jadiin referensi banget, meskipun musik kami bukan yang sejenis itu. Karena sebenarnya kalau ditanya KimoKal itu genrenya apa, musik kami ini pop. Tapi mungkin lebih ke new pop kali ya. Basically, kami ingin bawa sesuatu yang baru aja buat kancah musik di Indonesia," kata Kimo yang memang bertindak sebagai penggarap musik di KimoKal.

KimoKal saat tampil di Bandung beberapa waktu lalu. (Damianus Andreas)


Sementara itu, dari aspek penulisan lirik seluruh lagu dalam album, semuanya dilakukan sendiri oleh Kallula. "Inspirasinya sih dari pengalaman pribadi masing-masing, dan emang nggak ada yang gue buat-buat," tukas perempuan yang juga vokalis band bernama LCD Trip tersebut.

Ketika disinggung mengenai mimpi mereka untuk menembus pasar internasional dengan album debutnya, Kimo dan Kallula secara kompak mengatakan tidak bisa memberikan banyak bocoran. Namun seperti dikatakan Kimo, mereka sudah ada rencana untuk melakukan tur di luar Indonesia. "Ya, kami ada keinginan untuk tur ke luar negeri, karena pada dasarnya kami ingin kasih lihat kalau Indonesia tuh punya banyak banget musisi bagus, tapi sayangnya banyak juga yang nggak terekspos. Itulah yang kemudian bikin KimoKal pengen untuk membuat diferensiasi," ujar Kimo lagi.

Belum lama ini KimoKal telah merilis video musik dari single mereka yang berjudul "Lonely Child".

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Kisah di Balik Tur Konser Keliling Dunia Raksasa Metallica
  3. Album Debut Eleventwelfth Dirilis Ulang di Jepang
  4. Saksikan Video Musik Terbaru Monita Tahalea, “Hai”
  5. Grup Folk Rock asal Bandung, Rusa Militan, Merilis Album Perdana

Add a Comment