Arjen Robben: “Bruno Martins Indi Sangat Bodoh”

Martins Indi mendapat kartu merah dan disalahkan kaptennya sendiri.

Oleh
Arjen Robben. The Netherlands Football Team

Kemenangan 1-0 Islandia atas Belanda di Kualifikasi Euro 2016, Kamis (3/9) kemarin membuat Arjen Robben berang. Menurutnya salah satu alasan kekalahan Belanda adalah dikeluarkannya bek Bruno Martins Indi.

Islandia bisa mengalahkan Belanda berkat gol pinalti Gylfi Sigurdsson di babak kedua. 20 menit sebelum gol terjadi, Martins Indi sudah harus keluar lapangan setelah memukul penyerang Kolbeinn Sighthorsson. Tanpa peringatan sebelumnya, wasit langsung mengeluarkan kartu merah baginya.

Robben selaku kapten Belanda melihat aksi rekan satu timnya tersebut sebagai tindakan yang sangat bodoh. "Sebagai kapten saya selalu berdiri di sisi rekan-rekan saya," ucap Robben seperti dilansir Goal. "Namun yang terjadi tadi adalah sebuah tindakan yang sangat bodoh."

"Bagi saya, ia telah menjatuhkan mental seluruh tim dan itu adalah tindakan yang sangat memalukan" tambahnya.

Pelatih Belanda, Danny Blind, juga mengungkapkan pendapatnya tentang insiden tersebut. "Pertandingan tadi menjadi suatu kesalahan saat Martins Indi menerima kartu merah. Kami tahu pertandingan ini akan sulit. Islandia bermain dengan disiplin dan tidak memberikan kami banyak peluang," ujar ayah dari pesepak bola Daley Blind.

Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Blind mengaku Belanda sulit bermain tanpa permainan maksimal Robben. Dan keadaan diperparah dengan kartu merah tersebut.

"Kami sulit menemukan Robben, tapi semakin ke sini semakin membaik. Namun semua momen itu hancur karena Martins Indi. Saya benar-benar menyalahkannya atas hal itu. Saya belum melihat tayangan ulangnya, tapi saya mendengar kalau tindakannya memang layak mendapat kartu merah."

"Ini adalah bagian dari sepak bola. Anda harus mengontrol diri sendiri. Tidak ada alasan untuk melakukan itu dan kami membayar harga yang besar atas kesalahan ini," pungkasnya.

Kekalahan ini membuat Belanda masih bertengger di peringkat ketiga Grup A Kualifikasi Euro 2016. Mereka masih tertinggal enam poin dari Republik Ceko di posisi kedua. Jika ingin otomatis lolos ke babak grup Euro 2016, minimal Belanda harus berada di posisi kedua.

Editor's Pick

Add a Comment