Kapital Rilis Video Musik Terbaru, 'Sketsa Diorama'

Salah satu manuver kampanye pelestarian alam Nusantara

Oleh
Kapital. Facebook/Kapital Borneo

Unit metalcore asal Tenggarong. Kapital telah meluncurkan video musik terbaru berjudul "Sketsa Diorama" pada Rabu (27/6) kemarin via kanal YouTube. Lagu tersebut diambil dari Anonymous, album mini yang dirilis secara gratis pada akhir Februari lalu di situs resmi mereka.

Video musik "Sketsa Diorama" menyuguhkan dokumentasi para personel Kapital mengendarai sepeda motor dalam tur lawatan menjelajahi jalanan dan lanskap alam belantara Kalimantan Timur.

Seperti keterangan yang tercantum di laman unggahan video tersebut, konsep penyusuran panorama alam di "Sketsa Diorama" memang ditujukan sebagai upaya agar generasi muda sanggup merasa lebih peduli dengan hutan, gunung, sungai dan seluruh kehidupan di dalamnya yang merupakan titipan generasi mendatang.

"Dan ini juga termasuk wujud cinta kami yang dengan bangga bahwa kita tinggal di sebuah negara seperti surga yang bernama Indonesia," tulis mereka. "Jika kita tidak mulai menjaga alam beserta isinya mulai sekarang, anak dan cucu kelak hanya akan bisa melihatnya dalam diorama."

Tiga hari sebelumnya, Kapital memang sempat menulis di akun resmi Facebook mereka: "Sebuah pengalaman menyenangkan untuk pembuatan video "Sketsa Diorama", berkendara lebih dari 10 jam, tidur di tengah hutan belantara kembali ke alam."

Band yang beranggotakan Akbar Haka (vokal), Dhani (gitar), Beng (bass), Gerhard (gitar), dan Indra (drum) itu kian gencar mengampanyekan isu rawannya kelangsungan lingkungan alam sekitar. Dalam salah satu wawancara dengan Rolling Stone pada akhir tahun lalu, sang vokalis menuturkan bahwa album penuh teranyar mereka, Teror dari Belantara juga menyampaikan pesan-pesan protes akan perlakuan terhadap alam Kalimantan, seperti satwa langka yang terus diburu serta hutan yang dibabat habis oleh aktivitas manusia.

"Sebuah album yang bagi kami bukan berharap meledak seperti album pop kebanyakan, tetapi sebuah album yang bagi kami menjadi bukti bagi anak cucu kelak, jika generasi sebelum mereka di sini pernah peduli dengan hutan Kalimantan dimana kami berpijak, namun mesin setan terus menghancurkannya," tukasnya.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Rich Chigga Akan Jalankan Tur Amerika Serikat Perdana
  2. Sutradara 'The Raid' Mulai Syuting Film Terbaru April Mendatang
  3. Jangar Laksanakan Tur Mini Pada Awal April
  4. Vokalis Shaggydog Rilis Lagu Elektronik Terbaru, "Senyawa Alam"
  5. Duo Rock Alternatif Pendatang Baru, Nakedsouls Project, Rilis Album Mini Perdana

Add a Comment