Obituari: Penafsir Blues Rock, Joe Cocker, Telah Tiada

Paul McCartney dan Ringo Starr, dua yang tersisa dari The Beatles merasa kehilangan atas berpulangnya penyanyi soul berkulit putih, Joe Cocker pada 22 Desember lalu. Baik Paul McCartney maupun Ringo Starr mengangap Joe Cocker adalah figur yang menjadikan lagu “With A Little Help From My Friends” memiliki soul berbeda dengan yang dinyanyikan Ringo Starr pada album Sgt. Pepper’s Lonely Heart’s Club Band (1967).

Oleh
Paul McCartney dan Ringo Starr, dua yang tersisa dari The Beatles merasa kehilangan atas berpulangnya penyanyi soul berkulit putih, Joe Cocker, pada 22 Desember lalu. Baik Paul McCartney maupun Ringo Starr mengangap Joe Cocker adalah figur yang menjadikan lagu "With A Little Help From My Friends" memiliki soul berbeda dengan yang dinyanyikan Ringo Starr pada album Sgt. Pepper"s Lonely Heart"s Club Band (1967).

Versi yang disajikan Joe Cocker pada album yang bertajuk sama dengan lagu The Beatles itu dirilis pada 23 April 1969 diinterpretasikan dalam dimensi soul dan gospel yang kuat. Tehnik menyanyi Joe Cocker yang dipengaruhi Ray Charles terasa begitu ekspresif, dan jangan lupa di lagu ini Jimmy Page, gitaris Led Zeppelin memberi sentuhan yang memikat lewat petikan gitar elektriknya.

Oleh Joe Cocker lagu "With A Little Help From My Friends" mampu keluar dari cita rasa The Beatles yang sesungguhnya. "Saya suka cara bernyanyi Joe Cocker dan menurut saya versi Cocker adalah versi yang sangat bagus dan berbeda dari The Beatles," timpal Paul McCartney.

Ringo Starr pun menulis obituari: "Good bye and God bless to Joe Cocker from one of his friends peace and love. R."

Jika menyebut sosok Joe Cocker, maka nyaris setiap orang tak bisa melupakan penampilannya yang monumental dalam perhelatan budaya populer Woodstock pada tahun 1969.

Dengan suara paraunya yang khas serta gerakan tubuhnya yang eskpresif dan unik, penampilan Joe Cocker membawakan "With A Little Help From My Friends" di Woodstock dianggap sebagai penampilan rock bernilai sejarah. Mereka menyebut penampilan Joe Cocker bagaikan sebuah gerhana dalam kegelapan.

Joe Cocker dan The Beatles bisa disebut sebagai sebuah simbiose mutualisme. Di saat akan membuat album solonya yang kedua, Joe meminta izin pada Paul McCartney dan George Harrison untuk kembali membawakan dua komposisi dari The Beatles yaitu "She Came In Through The Bathroom Window" dan "Something." Sebetulnya ada satu lagu The Beatles lainnya yang direkam Joe Cocker pada sesi rekaman tersebut yaitu "Let It Be," namun lagu ini baru dimasukkan sebagai bonus track pada saat album tersebut di rilis ulang dalam bentuk CD kelak.

Bahkan oleh sutradara Julie Taymor yang membesut film musikal Across The Universe yang diangkat dari repertoar karya-karya The Beatles, Joe Cocker pun tampil sekejap dalam beberapa adegan film sebagai hippie sinting.

Joe Cocker dilahirkan dengan nama lengkap John Robert Cocker pada 20 Mei 1944 di Sheffield, Inggris. Mulai memasuki dunia hiburan sebagai penyanyi dengan menggunakan nama panggung Vance Arnold. Joe lalu membentuk band dengan nama Vance Arnold and The Avengers.

Saat itu Joe lebih cenderung menyanyikan lagu-lagu soul R&B dan rock and roll mulai dari Chuck Berry hingga Ray Charles di beberapa tempat minum kawasan Sheffield. Pada 1963 band Joe Cocker ini sempat menjadi atraksi pembuka konser The Rolling Stones di Sheffield.

Memasuki tahun 1964 Joe Cocker mulai merintis solo karir dengan merilis lagu milik The Beatles "I"ll Cry Instead" yang didukung gitaris Jimmy Page. Sayangnya langkah awal Joe Cocker ini gagal. Albumnya kandas di pasaran.

Pada 1966 Joe Cocker membentuk band baru dengan nama The Grease Band.
1968 di saat dunia dilanda atmosfer psikedelia, Joe Cocker menandatangani kontrak rekaman dan di sepanjang seperempat abad berkarir dalam dunia hiburan Joe Cocker telah merilis lebih dari 40 album.

Benang merah musik Joe Cocker adalah rock maupun pop yang berlumur aksentuasi bluesy yang khas. Ditunjang dengan suara yang serak dan parau, Joe Cocker kerap disebut sebagai balladeer yang ekspresif dalam menginterpretasikan lagu terutama pada lagu-lagu cover dari The Beatles, Traffic, The Boxtops, Leonard Cohen, Leon Russell hingga Bob Dylan.

Memasuki era 70-an Joe Cocker membentuk band baru lagi bernama Mad Dog & Englishmen yang dimotori pianis dan penulis lagu Leonn Russell. Sayangnya dalam kurun waktu 1972 -1982, Joe Cocker banyak mengalami kemunduran dari sisi mental, antara lain terjebak narkotika dan menjadi alkoholik. Meskipun masih tetap melakukan tur dan merilis album seperti I Can Stand A Little Rain (1974), Jamaica Say You Will (1975), Stingray (1976) maupun Luxury You Can Afford (1978), popularitas Joe Cocker kian menukik. Joe lebih banyak terjerembab dalam pelukan alkohol.

Namun Joe Cocker tetap berupaya untuk kembali melakukan pembenahan dari kehidupannya yang kusut. Pada 1982 Joe Cocker ditawari berduet dengan Jennifer Warnes menyanyikan sebuah balada bertajuk "Up Where We Belong" yang menjadi soundtrack film An Officer and Gentleman yang dibintangi aktor Richard Gere dan Louis Gossett Jr. Lagu ini menjadi hit Billboard Hot 100 Singles pada 1982 dan berhasil meraih Grammy Award untuk kategori Best Pop Performance by a Duo serta meraih Oscar dalam Academy Award untuk kategori Best Original Song.

Pada 2007 Joe Cocker menerima penghargaan OBE (Order of The British Empire) dari Kerajaan Inggris atas sumbangsihnya terhadap musik di Inggris. Joe Cocker tetap merekam album solonya. Pada 2012 Joe merilis album bertajuk Fire It Up yang sempat mencapai peringkat ke-17 album terlaris di Inggris Raya.

Meskipun mengidap penyakit kanker yang akut, Joe Cocker tetap bersemangat di panggung, tur terakhirnya yang berlangsung di beberapa kota di Eropa berakhir di Hammersmith pada Juni 2014 silam.

Joe Cocker, salah satu legenda Woodstock 1969 akhirnya menutup mata selama-lamanya pada 22 Desember 2014.

Sayup-sayup suara Joe Cocker yang serak dan agak parau terdengar lamat-lamat namun penuh tenaga:

"What would you think if I sang out of tune
Would you stand up and walk out on me?
Lend me your ears and I'll sing you a song
And I'll try not to sing out of key...."



Editor's Pick

Add a Comment