Blogs: Makna Penggemar Bagi Musisi

Tentang penggemar dan bagaimana para artis menjaga hubungannya dengan mereka.

Oleh
"Penggemar bagi saya ibarat napas dan kelangsungan hidup dari band Gigi," ujar Thomas Ramdhan suatu ketika dalam wawancara yang dia lakukan di tahun 2009
saat Gigi berusia 15 tahun.

Thomas mengakui bahwa Gigikita adalah aset yang tak terhingga yang menjadi pembela dan pendukung nomor wahid dalam kondisi apapun. Dalam berbagai pertunjukan Gigi, tampak Gigikita yang rajin datang menyaksikan Gigi untuk tampil, atau sekadar mampir ke tempat menjual merchandise yang selalu dibawa oleh Putri Oniel, teman SMA Armand Maulana yang selalu mengawal merchandise Gigi dan banyak berhubungan dengan Gigikita.

Kedekatan Gigi dan Gigikita makin terjangkau dengan media sosial Twitter yang membuat komunikasi dua arah dengan penggemar menjadi makin hangat.

Ariel mengakui Sahabat NOAH sangat luar biasa. "Di luar ekspektasi saya. Ada penjaga penjara yang bilang itu ada Sahabat Peterpan yang nyanyi-nyanyi di depan penjara malam-malam sebelum saya bebas. Kalau dulu saya melihat mereka masih di wilayah abu-abu. Sekarang itu penggemar yang lulus seleksi dan nyata. Dulu banyak penggemar berdasarkan tren. Kalau ada trend lain mereka akan berubah. Tapi penggemar yang sekarang ini penggemar yang paling benar dan nyata."

Ariel bahkan mengakui selepas dari penjara mereka yang mendaftar jadi fans club Noah melimpah. "Kalau melihat data yang daftar jadi anggota, banyak banget. Bahkan sempat kami mau tutup [fans club] dahulu karena kewalahan. Ini semua kerjaan yang di Atas. Sudah ada yang mengontrol ini semua," katanya tersenyum.

Bimbim pernah mengalami hal yang mungkin tak akan pernah dia lupakan sepanjang hidupnya. "Dulu ketika saya tinggal berdua dengan Kaka selepas Bongky, Indra dan Pay keluar dari Slank, itu Slank dalam kondisi yang kacau. Saya sudah niat ingin membubarkan Slank. Tapi suatu hari ada surat ancaman dari seorang Slanker yang ditulis dengan darahnya. Kalau saya membubarkan Slank, saya akan dia bunuh."

Sejarah kemudian menentukan nasib Slank. Kalau tidak ada surat dari Slanker itu, bisa jadi Slank dibubarkan Bimbim dan berhenti di álbum Minoritas (1996). Untung ada surat dari Slanker yang membuat dirinya kembali melangsungkan karier Slank setelah bertemu Ivan, Abdee dan Ridho dan berhasil merilis album Tujuh (1997).

Slank kemudian menjadi salah satu band rock terbesar di Indonesia. Pulau Biru, markas Slank di kawasan Potlot, kemudian menjadi tempat berinteraksi antara Slank dan Slankers. Mereka menjadi bagian dari keluarga besar Slank.

"Penggemar itu sangat penting. Untuk eksistensi. Bertemu penggemar dan mendapat pemasukan. Tapi bicara soal penggemar, saya dan manajemen mengakui [bahwa kami] tidak mengelola penggemar secara profesional. Itu salah satu kelemahan saya dan manajemen. Mereka hidup sendiri dengan komunitas-komunitas di tiap daerah. Saya kadang bingung dengan kondisi penggemar ini, apakah mereka semua asli dan nyata," kata Ari Lasso yang mengganti sebutan Wong Alass menjadi Goodfellas untuk penggemarnya.

Agnes Monica, penyanyi muda Indonesia yang namanya kerap mengemuka berkat berbagai aktivitas yang dia lakukan, dikenal memiliki penggemar militan yang setiap saat bisa membela sang idola jika siapa saja mulai yang membuat komentar tidak bagus untuk Agnes.

Ada yang mengharapkan Agnes Monica memberikan edukasi kepada penggemar untuk bisa lebih "ramah" bersikap. Namun hal itu tentu dikembalikan kepada karakter pribadi dan sifat dari penggemar masing-masing artis atau musisi. Jika si artis sudah menghimbau tetapi penggemar tetap menyerang siapa saja yang memberi kritikan ke idolanya, tentu itu bukan kesalahan si artis. Beda kalau ternyata si artis atau musisi malah mendiamkan sifat penggemar yang bisa berbalik merugikan sang idola.

Penggemar bagi musisi atau artis tentu menjadi aset yang tak terhingga. Mereka adalah orang yang pertama kali akan mendukung sesuatu yang berhubungan dengan artis dan musisi idolanya. Entah dengan membeli album, datang ke konser, atau mengumpulkan merchandise.

Mereka yang akan membela mati-matian jika sang idola dihujat. Kadang logika dan akal sehat mereka buang jauh-jauh demi membela sang idola. Sudah saatnya artis dan musisi merawat dan menjaga penggemar sebaik-baiknya.


Editor's Pick

Add a Comment